Tips Memilih Monitor Gaming Yang Cocok Untuk Kalian

Saat bermain PC Games atau PS4, monitor PC biasa atau layar TV mungkin sudah cukup. Namun, dengan menggunakan gaming monitor, sensasi gaming akan lebih terasa.

Beberapa merk terkenal seperti ASUS, LG, Acer, dan BenQ, memiliki monitor dengan refresh rate dan response speed yang baik.

Namun, kalian mungkin bingung saat ingin memilih ukuran monitor yang ideal dan apa bedanya dengan monitor biasa.

Perbedaan paling mencolok dari monitor gaming dengan monitor biasa terletak pada refresh rate dan response speed.

Secara umum digambarkan bahwa tampilan pada gaming monitor terlihat lebih padat dan taja,. Refresh rate adalah kemampuan monitor untuk melakukan refresh atau kecepatan monitor dalam memperbarui gambar setiap detiknya.

Ukurannya menggunakan satuan HZ dan semakin tinggi angkanya, akan semakin muluspula Gerakan yang ditampilkan.

Monitor biasa memiliki refresh rate sekitar 60 Hz, namun untuk gaming monitor ukuran tersebut belum cukup baik.

Biasanya refresh rate pada monito9r gaming adalah 144 Hz dan 240 Hz. Response speed mengacu pada kecepatan monitor untuk mengubah warna yang ditampilkan dan menggunakan satuan ms.

Dalam hal ini, semakin rendahnya angkanya maka makin sedikit afterimage yang muncul. Monitor gaming biasanya memiliki response speed dengan spesifikasi tinggi seperti 1 ms.

Selain itu, dengan menggunakan monitor berspesifikasi tinggi, permainan kalian akan terasa lebih menyenangkan.

Karena itulah, di bawah ini kami akan berikan tips memilih monitor gaming terbaik agar cocok dengan kalian.

1.Pilih Monitor Berukuran 24 Inci, Sesuai dengan Preferensi Para Profesional

Pilih Monitor Berukuran 24 Inci, Sesuai dengan preferensi Para Profesional

Banyak orang yang berpendapat bahwa ukuran monitor yang semakin besar akan semakin baik. Namun ukuran monitor 21 hingga 24 inci adalah ukuran standar yang digemari oleh para pro gamer.

Untuk online match up games, first person shooter atau FPS, dan sejenisnya. Sebaiknya kalian memilih monitor berukuran sekitar 24 inci.

Hal ini dilakukan agar sudut pandang kalian bisa menjangkau ke seluruh bagian monitor. Apalagi dengan Gerakan intens saat bermain game ber genre FPS, menggunakan monitor yang terlalu besar akan merugikan kalian.

Hal ini dikarenakan pergerakan mata kalian tidak bisa menjangkau ke seluruh bagian dan sudut monitor. Selain itu, beberapa orang cenderung pusing jika bermain game dengan menitor yang terlalu besar.

Monitor berlayar besar cocok untuk bermain game tipe racing dan massively multiplayer online role playing game atau MMORPG. Monitor ini dianjurkan juga bagi kalian yang ingin menikimati computer graphic atau CG berkualitas tinggi.

2.Pilih Monitor Dengan Resolusi full HD (1920 x 1080) atau di atasnya

Pilih Monitor Dengan Resolusi full HD (1920 x 1080) atau di atasnya

Untuk resolusi, ada baiknya kalian memilih monitor dengan resolusi 1920 x 1080 full HD atau di atasnya.

Kalian juga memilih monitor layar horizontal dengan resolusi 2580 x 1080 (21 : 9). Dengan bidang tampilan lebih lebar, monitor layar horizontal memiliki kelebihan untuk membantu kalian menemukan target lebih cepat saat bermain game FPS.

Monitor ini juga bagus digunakan pada game ber genre racing. Monitor dengan resolusi 3840 x 2160 (4K) ini mjemiliki aspek rasio yang sama dengan full HD, namun resolusinya jauh lebih baik.

Namun, tidak semua spesifikasi PC bisa mengimbangi resolusi ini. Jadi, sebaiknya kalian memperhitungkan kemampuan PC kalian juga sebelum memilih monitor dengan resolusi yang terlalu tinggi.

3.Pilih Refresh Rate Yang Sesuai Konten

Pilih Refresh Rate Yang Sesuai Konten

Refresh rate juga merupakan point yang penting. Spesifikasi refresh rate yanhg tinggi bukan berarti gaming monitor tersebut lebih baik. Pilihlah gaming monitor dengan refresh rate yang sesuai dengan jenis game kalian.

Monitor PC umumnya memiliki refresh rate 60 Hz. Pada dasarnya monitor sudah bisa menghasilkan pergerakan yang mulus jika memiliki refresh rate 120 Hz atau lebih.

Spesifikasi itu bahkan sebenarnya masih kurang untuk game jenis FPS dengan Gerakan yang intens. Untuk game jenis FPS ini, sebaiknya kalian menggunakan monitor dengan refresh rate 144 Hz atau lebih.

Begitu pula untuk game dengan genre racing, sebaiknya kalian menggunakan monitor dengan refresh rate 144 Hz atau lebih tinggi, biasanya memerlukan refresh rate 120 Hz.

Jika tidak, refresh rate 60 Hz saja sudah cukup. Baru – baru ini telah hadir monitor dengan refresh eare 240 Hz. Kalian yang baru mencobanya pertama kali pasti terkesan dengan kehalusan pergerakannya.

Nah, itulah beberapa tips memilih monitor gaming yang cocok untuk kalian. Semoga bermanfaat.